Skip to main content

Berbagai Jenis Arang Berdasarkan Asal Bahan Bakunya

Jenis jenis arang


Dikutip dari Wikipedia, Arang adalah suatu residu berwarna hitam yang berisi zat karbon yang tidak murni yang dihasilkan dengan cara menghilangkan kandungan air yang ada dan berasal dari komponen volatil yang ada pada hewan atau tumbuhan.

Arang pada umumnya dibuat dengan cara memanaskan atau membakar gula, tulang, kayu, atau benda lain. Arang yang berwana hitam, mudah hancur, ringan, dan menyerupai batu bara ini memiliki zat yang terdiri dari 85% hingga 98% karbon, dan sisanya adalah abu ataupun benda-benda kimia lainnya.

Terdapat beberapa jenis arang yang dibedakan berdasarkan asal bahan bakunya yaitu:

Arang kayu

Arang kayu adalah salah satu jenis arang yang bahan dasarnya terbuat dari kayu. Arang kayu adalah arang yang paling banyak digunakan untuk keperluan rumah tangga seperti memasak.

Selain berfungsi untuk keperluan rumah tangga, fungsi lain dari arang kayu adalah sebagai media untuk menjernihkan air, penggunaan arang dalam berbagai bidang kesehatan, dan masih banyak fungsi lainnya. Bahan baku kayu yang digunakan untuk membuat arang kayu adalah kayu dalam kondisi yang masih bagus, dan dalam hal ini artinya kayu tersebut belun dalam kondisi membusuk.

Arang serbuk gergaji

Arang serbuk gergaji adalah salah satu jenis arang yang terbuat dari bahan serbuk gergaji yang dibentuk dengan cara dibakar.

Serbuk gergaji biasanya berasal dari tempat penggergajian, material atau tempat para pengrajin kayu. Serbuk gergaji adalah salah satu bahan dari sisa produksi yang sebagian besar sangat jarang dimanfaatkan lagi karena biasanya menjadi sampah produksi kayu.

Sehingga harga arang serbuk gergaji terbilang cukup murah. Selain dapat digunakan sebagai bahan bakar, arang serbuk gergaji juga biasanya dapat dimanfaatkan sebagai campuran pupuk dan kemudian juga dapat diolah kembali menjadi briket arang.

Arang sekam padi

Arang sekam padi adalah arang yang biasa digunakan sebagai bahan pupuk dan bahan baku dalam pembuatan briket arang. Sekam yang digunakan sebagai arang biasanya diperoleh ditempat-tempat penggilingan padi. Selain dibakar dan digunakan sebagai arang, sekam padi juga sering kali dijadikan sebagai bekatul untuk bahan pakan ternak.

Selain itu, arang sekam juga dapat digunakan sebagai salah satu campuran pupuk dan menjadi media tanam di wilayah persemaian. Hal ini dilakukan karena sekam padi disinyalir memiliki kemampuan daya serap dan kemampuan penyimpanan air yang digunakan sebagai cadangan makanan tanaman.

Arang batok kelapa / Arang tempurung kelapa

Arang batok kelapa atau Arang tempurumg kelapa adalah salah satu jenis arang yang memiliki bahan dasar dari batok kelapa atau tempurung kelapa. Manfaat dari arang tempurung kelapa ini ternasuk banyak dan cukup strategis untuk digunakan sebagai salah satu usaha. Hal ini terjadi karena saat ini masih jarang masyarakat yang memiliki pengetahuan untuk memanfaatkan berbagai manfaat dari tempurung kelapa.

Selain dimanfaatkan sebagai arang dengan dibakar secara langsung, tempurung kelapa juga dapat dijadikan dan digunakan sebagai bahan dasar dari pembuatan briket arang.

Tetapi, tempurung kelapa yang akan dijadikan sebagai bahan arang, haruslah berasal dari kelapa yang sudah cukup tua, karena tempurung kelapa tua lebih padat dan kandungan air pada tempurungnya sudah lebih sedikit jiak dibandingkan dengan tempurung pada kelapa yang masih agak muda.

Harga jual dari arang tempurung kelapa ini bisa dibilang cukup tinggi juga. Karena selain arang jenis ini berkualitas tinggi, proses untuk mendapatkan batok atau tempurung kelapanya juga bisa terbilang cukup sulit dan harganya juga cukup mahal.

Arang serasah

Arang serasah adalah salah satu jenis arang yang terbuat dari bahan dasar serasah atau biasa dikenal dengan sampah dari dedaunan. Bila kita bandingkan dengan beberapa bahan arang lainnya, serasah termasuk salah satu bahan yang paling mudah untuk didapatkan.

Selain itu, arang serasah juga bisa dijadikan sebagai bahan dasar dari briket arang, karena sifatnya yang cukup mudah untuk dihancurkan.

Arang serasah yang berbahan dasar dari sampah dedaunan ini adalah merupakan hasil dari penelitian seorang guru SMAN 17 Palembang yang bernama Usman asal Sumatera Selatan.

Dia adalah salah satu lulusan sarjana Fakultas Biologi dari Universitas Sriwijaya. Usman merupakan salah satu penerima penghargaan dari 10 peraih penghargaan yang termasuk kedalam bidang pendidikan sains atau ilmu pengetahuan.

Saat itu Usman mencoba berfikir bahwa arang juga dapat terbuat dari berbagai macam bahan. Salah satunya bahan yang belum pernah ada dalam pembuatan arang ialah berasal dari sampah-sampah dedaunan.

Arang kulit buah mahoni

Arang kulit buah mahoni adalah salah satu jenis arang yang berasal dari bahan dasar kulit buah mahoni. Apabila kita melihat buah mahoni secara kasat mata, kulit dari buah mahoni terlihat memiliki tekstur yang cukup keras dan padat. Sehingga, kulit dari buah tersebut dapat dibakar untuk dijadikan arang.

Arang dari kulit buah mahoni dibuat dan diproses dengan menggunakan tungku api pada drum, sama halnya dengan pembuatan arang kayu. arang dari kulit mahoni ini juga dapat diolah untuk menjadi briket arang. Arang yang dibuat dari kulit buah mahoni ini juga ternyata terbukti memiliki kualitas yang bagus dan cukup baik.

Jika dibakar, arang kulit mahoni hanya mengeluarkan sedikit asap. Sehingga nilai kalor yang dihasilkan dari arang jenis ini saat dibakar menjadi sangat tinggi dan bara dari arang tersebut tahan lebih lama dibandingkan dengan arang jenis lainnya sehingga tentunya dapat menghemat biaya pembakaran.

Arang kulit buah mahoni ini memang jarang yang mengetahui dan sedikit terdengar baru. Akan tetapi jika melihat kualitas dari arang yang dihasilkan dari kulit mahoni, arang jenis ini suatu saat pasti akan banyak dibutuhkan dan diminati oleh masyarakat. Tentuya arang kulit mahoni ini juga dapat dijadikan sebuah alternatif produksi arang bagi para pengusaha yang bergelut dibidang arang.

Briket arang / Arang Briket

Jenis arang yang sudah cukup banyak terkenal dan terdapat dimasyarakat adalah jenis Briket Arang. Briket arang adalah salah satu jenis arang yang dibuat dari berbagai arang jenis lain yang dibuat dengan cara dihaluskan terlebih dahulu lalu kemudian arang tersebut dicetak dan dibentuk sesuai kebutuhan dengan cara mencampurnya dengan tepung kanji.

Tujuan dari pembuatan briket arang atau arang briket ini adalah untuk memperpanjang jangka waktu pembakaran dan sehingga lebih menghemat biaya pembakaran.

Arang yang bisa dijadikan sebagai bahan baku briket arang adalah jenis arang batok, arang kayu, arang serbuk gergaji, arang sekam, dan arang serasah. Jenis arang-arang tersebut dalam bentuk aslinya jika digunakan langsung biasanya akan cepat habis.

Sehingga untuk lebih meningkatkan umur bakaran dan bara api yang lebih awet diubahlah arang tersebut menjadi briket arang. Jenis arang batok atau arang tempurung kelapa yang dapat dijadikan briket arang, adalah arang tempurung yang sudah remuk. Sedangkan untuk tempurung yang masih dalam kondisi utuh dapat langsung digunakan sehingga tidak perlu dijadikan briket arang.

Demikianlah, info mengenai beberapa jenis arang yang ada, semoga Anda bisa memilih menggunakan arang yang tepat sesuai dengan fungsi yang Anda butuhkan. Jangan lupa, jika membutuhkan arang jenis apapun, silakan hubungi kami di Arang Briket Jakarta.

Terima kasih atas kunjungannya ke blog kami dan silakan bagikan kepada teman-teman Anda jika informasi mengenai Berbagai Jenis Arang ini bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Arang Briket vs Briket Arang Apa Bedanya?

Arang Briket vs Briket Arang Apa Bedanya? Kadang kala, kita mengira bahwa Arang Briket dan Briket Arang itu adalah satu produk yang sama. Tetapi ternyata, secara harfiah kedua kata itu mewakili dua produk yang berbeda. Ingin tahu lebih lanjut mengenai hal ini? Baca terus artikel nya di bawah ini ya ARANG BRIKET Arang Briket atau biasa disebut Charcoal Briquette adalah salah satu jenis arang dan briket yang dibuat dengan menggunakan bahan baku arang yang sudah jadi baik itu arang kayu atau arang batok yang di hancur kan menjadi powder lalu di cetak menjadi briket. Proses produksi yang terjadi dalam membuat arang briket yaitu: Arang yang akan digunakan sebagai bahan baku disortir dan di ayak / screening terlebih dahulu untuk memisahkan sampah atau kotoran yang masih tercampur di dalam karung untuk menghasilkan arang murni yang siap di proses menjadi powder. Bahan baku arang baik arang kayu maupun arang batok di hancurkan menjadi powder atau bubuk dengan menggunakan mesin

Spesifikasi dan berbagai jenis Arang Batok beserta fungsinya

Arang batok adalah salah satu jenis arang yang dibuat dari bahan baku batok kelapa tua yang telah kering dan bebas dari serabut. Proses pembuatan arang batok dilakukan dengan cara pembakaran batok kelapa. Cara pembakarannya sendiripun ada beberapa macam cara misalnya dibakar di dalam drum, dibakar di dalam lubang tanah atau galian yang di semen atau di masak dengan menggunakan tungku. Sedangkan jika dari cara pemadamannya, hanya ada 2 cara yang biasa para petani lakukan, yaitu padam dalam keadaan hampa atau istilah biasanya adalah mati hampa dan pemadaman dengan disiram menggunakan air. Tetapi untuk dapat diketahui, para petani sangat tidak memperbolehkan melakukan pemadaman dengan menggunakan air laut. Kenapa? akan dibahas pada tulisan selanjutnya. Jenis arang batok berdasarkan fungsinya Ada beberapa jenis arang batok apabila dibagi dari fungsinya yaitu: Arang batok resto Arang batok untuk pabrik pembuatan briket Arang batok untuk pembuatan aktif karbon Jenis arang

Berbagai Jenis Arang Briket Yang Ada di Pasaran

Briket BBQ Terbuat dari bahan baku arang kayu dan atau arang batok atau abu hasil ayakan arang kayu dan atau arang batok. Memiliki bentuk bantal, pillow, hexagonal, kotak, kubus dan ukuran yang cukup besar. Briket Shisha Terbuat dari bahan baku 100% arang batok dan memiliki bentuk kubus, kotak, hexagonal, finger dan koin. Briket Sawdust Terbuat dari bahan baku serbuk kayu keras maupun campur dengan kayu lunak dan memiliki bentuk hexagonal maupun segi empat. Memiliki grade A, B, C, D yang biasanya di bedakan berdasarkan panjang, bentuk dan banyaknya retakan. Briket Batubara Terbuat dari batubara dengan harga yang lebih murah dari briket jenis lain tetapi jenis ini sudah sangat langka karena penggunaan batubara yang tidak praktis lagi serta memiliki limbah C3 yang berbahaya. Gambar sumber google.